KECAKAPAN
KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Oleh:
Trimuhtiharyani
Mahasiswa
Program Pascasarjana Pendidikan Matematika
Universitas
Sriwijaya Palembang
Abstrak
Ada lima tujuan pembelajaran
matematika dalam KTSP. Tujuan
pembelajaran tersebut di sekolah memiliki peranan yang
penting dalam segala aspek kehidupan, diantaranya terutama sebagai alat
komunikasi sehingga pembelajaran matematika dapat mengembangkan kecakapan komunikasi siswa. Dalam setiap proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kecakapan komunikasi
baik secara lisan maupun tertulis. Dengan mengembangkan kecakapan komunikasi maka peserta didik telah memiliki salah satu kecakapan hidup yang dapat
menjadi bekal dalam menjalani kehidupan sehari - hari. Indikator kecakapan
komunikasi dalam pembelajaran matematika meliputi kecakapan mendengar, kecakapan berbicara,
kecakapan membaca dan kecakapan menuliskan gagasan/pendapat.
Kata Kunci: kecakapan
komunikasi, pembelajaran matematika.
1. PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Salah satu tujuan pembelajaran
matematika seperti yang tercantum dalam
Permendiknas No 22 Tahun 2006 adalah peserta didik diharapkan mampu mengkomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah. Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika tersebut, maka
dalam setiap proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan
kecakapan komunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Dengan mengembangkan
kecakapan komunikasi dalam setiap proses pembelajaran maka peserta didik telah
memiliki salah satu kecakapan hidup yang dapat menjadi bekal dalam menjalani
kehidupan sehari - hari.
Pendidikan
kecakapan hidup (life skill) adalah kecakapan
yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan
dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif
mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya (Muhaimin, dkk,
2008:9). Menurut Depdiknas (2003:16) kecakapan hidup terdiri dari kecakapan
hidup yang bersifat generik (generic life
skill) dan kecakapan hidup spesifik (spesific
life skill). Dimana generic life skill
terdiri dari kecakapan personal (personal
skill) dan kecakapan sosial (social skill). Kecakapan hidup sosial terdiri dari kecakapan
berkomunikasi (communication skill)
dan kecakapan bekerja sama (collaboration
skill). Di dalam Depdiknas (2003:18), kecakapan komunikasi meliputi
kecakapan mendengarkan, kecakapan berbicara, kecakapan membaca dan kecakapan
menulis gagasan/pendapat.
Berdasarkan
uraian latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk membuat makalah
dengan judul “Kecakapan Komuniaksi Siswa dalam Pembelajaran Matematika”.
1.2. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas,
maka yang menjadi permasalahan dalam makalah ini adalah “bagaimana kecakapan
komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika?”.
1.3. Tujuan
Penulisan Makalah
Berdasarkan permasalahan diatas, maka
tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui kecakapan komunikasi
siswa dalam pembelajaran matematika.
1.4. Manfaat
Penulisan Makalah
Hasil dari penulisan makalah ini
diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan yang baik dalam rangka
menerapkan pendidikan kecakapan hidup terutama kecakapan komunikasi, dapat
meningkatkan mutu pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika dan menambah
pengetahuan tentang kecakapan hidup terutama kecakapan komunikasi.